Pengaruh Debt to Asset Ratio (Dar) terhadap Net Profit Margin (Npm) pada Pt. Temas Tbk

Authors

  • Nurrabithatu Auliya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Alwi Alwi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.55324/josr.v1i9.223

Keywords:

Pengaruh Debt To Asset Ratio, Net Profit Margin, Perusahaan pelayaran

Abstract

Latar Belakang : Transportasi laut memiliki peran yang penting untuk menjamin kelancaran mobilitas penduduk dan distribusi barang baik dalam negeri maupun luar negeri. Perusahaan pelayaran melakukan usaha jasa dalam bidang penyediaan ruangan kapal laut untuk kepentingan mengangkut muatan baik penumpang, hewan maupun barang

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keberhasilan perusahaan.

Metode : Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua Variabel atau lebih yang mempunyai hubungan sebab akibat terhadap Variabel lainnya.

Hasil : Hasil penelitian ini, Keberhasilan perusahaan dapat diukur dengan menggunakan rasio keuangan. Salah satunya dengan menggunakan Debt to Total Assets Ratio (DAR).

Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan mengenai pengaruh debt to total asset ratio terhadap net profit margin pada PT. Temas Tbk periode 2009-2020, maka dapat di simpulkan bahwa Debt to Total Asset ratio (DAR) berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT.Temas Tbk.

Downloads

Published

2022-09-05